kemenperin

BDI Yogyakarta Terima Sertifikat ISO 9001:2008

Balai Diklat Industri Regional IV Yogyakarta menyadari bahwa sebagai subsistem pendidikan dan pelatihan yang berada di bawah Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian memiliki tanggung jawab besar untuk membangun bangsa melalui pendidikan dan pelatihan. Karena itu BDI Yogyakarta harus selalu eksis dalam setiap upaya pembaharuan pendidikan khususnya pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, teknis, fungsional dan dunia usaha di sektor industri. Menyadari posisi tersebut seluruh unsur pimpinan dan staf BDI Yogyakarta telah berkomitmen untuk menjadi lembaga diklat yang berstandar internasional, sebagaimana tertuang dalam visi BDI Yogyakarta yaitu : ”Menjadi Lembaga Diklat yang Profesional dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur dan Dunia Usaha pada Tahun 2020“. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada tanggal 16 Juli 2011, telah diserahkan Sertifikat ISO 9001:2008 kepada BDI Regional IV Yogyakarta dari Lembaga Audit dan Sertifikasi Internasional PT. TUV Rheinland Indonesia yang diwakili oleh pimpinan PT. TUV cabang Yogyakarta, Bapak C. Tony Infantriyanto.

Sistem Manajemen Mutu 9001:2008 untuk instansi swasta maupun instansi pemerintah merupakan suatu kebutuhan dalam rangka peningkatan tatakelola kepemerintahan yang baik (good governance) sebagai salah satu tuntutan reformasi birokrasi. Dari tujuh Balai Diklat Industri yang ada di Kementerian Perindustrian, baru 2 Satker yang telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008 yaitu Balai Diklat Industri Regional VII Makassar dan Balai Diklat Industri Regional IV Yogyakarta.

Kepala BDI Regional IV Yogyakarta, Drs. Abdillah Benteng, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mewujudkan visi tersebut, dalam segala aspek harus bersandar pada standar dan cara pandang yang berlaku secara internasional. Sebagai langkah awal untuk menjadi lembaga yang bertaraf internasional, BDI Yogyakarta berupaya mengembangkan dan menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai dengan standar ISO 9001:2008. Pengembangan dan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 bukanlah pekerjaan mudah dan sederhana, hanya dengan kerja keras, semangat yang tinggi serta kesadaran yang mendalam yang didukung seluruh pegawai, upaya pengembangan dan penerapan tersebut dapat diwujudkan.

"Namun demikian, tujuan utama penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 BDI Yogyakarta bukanlah untuk sekedar mendapatkan sertifikat, tetapi untuk meningkatkan kinerja lembaga, sehingga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan dan pelatihan sebagai wujud akuntabilitas lembaga terhadap masyarakat. Disamping itu dengan penerapan SMM ISO 9001:2008 BDI Yogyakarta telah memiliki sistem yang diakui secara internasional untuk mengarahkan dan mengendalikan dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik, sehingga siapapun nanti yang akan meneruskan kepemimpinan sudah ada landasan berupa sistem sebagai tumpuan dan rujukan untuk memimpin BDI Yogyakarta. Oleh karena itu, BDI berkomitmen untuk menyelenggarakan diklat dan pelayanan yang bermutu guna mencapai kepuasan pelanggan melalui perbaikan proses dan sistem secara berkelanjutan serta pencapaian mutu secara konsisten dalam rangka mendukung upaya industrialisasi menuju kehidupan yang lebih baik", tutur beliau.

Fasilitas komentar tidak disertakan.

Zona Integritas

Zona Integritas BDI Yogyakarta
© 2021 BDI Yogyakarta Kementerian Perindustrian