BDI goes to Kubu Raya!

BDI goes to Kubu Raya!

BDI Regional IV Yogyakarta telah menyelenggarakan Diklat Teknologi Pengolahan Karet Alam di Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 23-27 Mei 2011 bekerjasama dengan Dinas Perindag Kab. Kubu Raya dan SMTI Pontianak sebagai penyedia instruktur. Peserta diklat merupakan 30 orang sebagai perwakilan tiap desa yang ada di Kecamatan Sungai Ambawang, yang mayoritas memiliki sumber mata pencaharian sebagai pengolah karet. Selama ini, para pengolah karet hanya menyadap getah karet dan langsung menjualnya kepada pengepul tanpa adanya peningkatan nilai tambah yang signifikan.

 

Hal inilah yang mendasari diadakannya Diklat Teknologi Pengolahan Karet Alam untuk memberikan tambahan wawasan bagi pengolah karet agar karet dapat diolah lebih lanjut untuk menciptakan beberapa jenis produk. Selama 5 hari, peserta diklat diajarkan untuk membuat produk sarung tangan, balon, karet gelang, spons, gantungan kunci dan sabutret. Sabutret (merupakan akronim dari Sabut Karet) adalah sabut kelapa yang diberikan semprotan (cairan) kompon karet sehingga teksturnya kenyal. Sabutret ini sangat mudah dibuat dan dapat digunakan sebagai matras, bantal ataupun jok mobil.

 

Para peserta tampak sangat bersemangat dan memiliki antusiasme yang tinggi untuk mengikuti diklat ini, terlebih ada beberapa peserta yang jarak rumahnya dengan lokasi diklat harus ditempuh dalam waktu 3 jam, meskipun masih berada dalam satu wilayah kecamatan Sungai Ambawang, disamping jaraknya yang memang jauh juga karena medan yang sangat sulit. Hhhmmm...semoga tujuan akhir dari diadakannya diklat ini yaitu agar para pengolah karet mampu bertransformasi menjadi seorang wirausaha yang mampu menghasilkan produk olahan karet dengan kualitas yang unggul dapat tercapai.

Fasilitas komentar tidak disertakan.

Zona Integritas

Zona Integritas BDI Yogyakarta