Kemenperin Peringkat Keempat Instansi yang Memiliki Layanan Publik Terbaik

Kemenperin Peringkat Keempat Instansi yang Memiliki Layanan Publik Terbaik

Pada hari Senin, 28 November 2011 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melansir 10 instansi pemerintah yanng memiliki pelayanan publik terbaik dan minim suap yang memuaskan masyarakat dalam servisnya. Kementerian Perindustrian menduduki peringkat keempat.

Survei ini dilakukan terhadap 89 instansi pusat/vertikal/daerah dengan jumlah responden 15.540 orang. Sementara layanan yang ditelusuri berjumlah 507 unit. Margin error dalam survei ini 5 persen.

Ada beberapa faktor yang jadi indikator penilaian, diantaranya berhubungan dengan praktik suap dan gratifikasi saat pelayanan. Selain itu, ada atau tidaknya calo di sektor pelayanan tersebut juga jadi bahan penilaian.

Ada pun jenis pelayanan yang dianggap paling baik dalam survei ini adalah izin belajar WNI pada sekolah internasional di Kemendiknas dengan nilai 7,78, disusul kemudian oleh layanan izin agen domestik di PT Pertamina dengan nilai 7,77 dan surat izin penangkapan ikan di Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan nilai 7,72.

Berikut 10 besar instansi yang memiliki nilai integritas terbaik:

1. BKPM (7,80)
2. Kementerian Kesehatan (7,52)
3. PT Jamsostek (7,52)
4. Kementerian Perindustrian (7,51)
5. PT Pelindo II Cabang Tanjung Priok (7,50)
6. Kementerian Perhubungan (7,47)
7. Kementerian Kelautan dan Perikanan (7,46)
8. Kementerian Pertanian (7,45)
9. Kementerian Komunikasi dan Informatika (7,43)
10. Kementerian Pendidikan Nasional (7,41)

 

sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/11/28/131901/1777149/10/ini-dia-10-instansi-dengan-layanan-publik-terbaik-minim-suap

Share:

Postingan Terkait:

Kirim Komentar

Fasilitas komentar tidak disertakan.