TPL IKM Kembali Diberi Bekal Keterampilan

TPL IKM Kembali Diberi Bekal Keterampilan

Pada tanggal 30 November - 2 Desember 2011, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Arrbey Consultant dan BDI Regional IV Yogyakarta kembali mengumpulkan Tenaga Penyuluh Lapangan IKM Program Beasiswa Kemenperin. Sebanyak 64 orang TPL yang tersebar di empat provinsi, DIY, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah diberi tambahan bekal berupa "Pelatihan Teknis Wirausaha Baru IKM". Acara ini serentak diadakan di 7 Balai Diklat Industri di seluruh Indonesia. Adapun tujuan diadakannya program ini adalah untuk mencetak IKM-IKM baru yang profesional dan tangguh serta mampu menyerap banyak tenaga kerja.

 

Pada hari pertama, Ibu Dra. Donna Mariani (Kabag Kepegawaian Dan Umum, Sesditjen IKM) selaku pembina TPL se-Indonesia, dalam sambutan sekaligus pembukaan acara ini menyampaikan bahwa TPL harus menemukan peluang-peluang baru yang mampu menciptakan nilai tambah bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Acara yang dipandu oleh Arrbey Consultant pimpinan Dr. Handito Joewono ini mengajak para TPL-IKM untuk berpikir kreatif agar peluang bisnis mudah didapat. Pada hari kedua, TPL-IKM dibagi menjadi 2 kelompok untuk berkunjung, belajar dan mempraktekkan langsung ilmu dari pengusaha IKM Sentra Kerajinan Bambu di Minggir, Sleman dan Kerajinan Batik Kayu di Krebet, Bantul. Disana TPL-IKM belajar langsung pembuatan kerajinan sekaligus bertanya langsung kepada pengusaha IKM bagaimana manajemen pengelolaan bisnisnya agar tetap eksis.

 

Setelah selesai melakukan kunjungan dan praktek teknis di lapangan, TPL diharuskan membuat Business Plan yang dipresentasikan di depan dewan juri (dari Widyaiswara BDI dan Arrbey Consultant) untuk dibedah dan dinilai kelayakannya. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk nyata bagaimana pemikiran kreatif dan rasional dapat diterapkan dengan baik. Selain itu, TPL-IKM juga diberikan pendampingan berupa tambahan materi Mentoring Bisnis. Disini para TPL diberikan gambaran bagaimana membuat business plan dengan benar dan dapat diterapkan sesuai dengan rencana bisnis yang telah dibuat.

Fasilitas komentar tidak disertakan.

Zona Integritas

Zona Integritas BDI Yogyakarta