Bagaimana Cara Untuk Selalu Berpikir Positif ?


Ada beberapa cara yang dapat dipraktekkan, ketika kita ingin menjadi pribadi-pribadi yang positif. Beberapa cara tersebut adalah:

 

  1. Niat

Semua tergantung dari niat, ketika ingin memulai sesuatu tanpa niat, maka akan mustahil bagi kita untuk berhasil melakukannya. Ada ungkapan, dengan niat yang kuat, maka 50 persen hasil sudah kita raih. Setelah kita berniat untuk selalu berpikir positif, maka langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah.

  1. Selalu berpikiran positif

Sangat penting bagi kita untuk selalu dapat menjaga pikiran-pikiran yang muncul agar selalu positif. Tiap kali muncul pikiran negatif, kita harus selalu bisa menghalaunya. Misal, ketika akan berjumpa dengan calon pembeli produk kita untuk keperluan negosiasi harga, rekan kita memberi tahu bahwa si calon pembeli tersebut orangnya susah diajak bernegosiasi. Jika kita telan mentah-mentah informasi tersebut, maka kita akan selalu berpikir negatif terhadap si calon pembeli, sehingga hasil yang diperoleh pun pasti tidak akan jauh berbeda dengan apa yang kita pikirkan dan akan semakin menguatkan kita bahwa si calon pembeli tersebut memang orang yang ‘susah’.

Tapi lain hal jika kita menyikapi informasi tersebut secara positif, maka kita akan menyiapkan segala upaya mulai dari persiapan mental, berdoa, strategi/teknik berbicara dengan orang yang ‘susah’, dsb. Sehingga hasil yang akan didapat tentu akan berbeda, sekaligus dapat mematahkan persepsi awal yang kita terima dari rekan kita.

  1. Melihat sesuatu dari sisi positif

Kebanyakan orang ketika mengalami kegagalan akan melihatnya dari sisi yang negatif. Mereka mencari-cari alasan yang tepat untuk dijadikan ‘kambing hitam’, misalnya: saya ini cuma lulusan SD, saya nggak punya bakat berdagang, saya ini sudah terlalu tua, saya ini masih terlalu muda, dsb. Yang terbaik, lihatlah sesuatu dari sisi positifnya, misal: kegagalan ini sebagai ajang belajar buatku, semoga esok saya bisa berhasil; sekarang belum saatnya saya mengikuti pelatihan ini, saya akan manfaatkan waktu ini untuk belajar lebih giat lagi; dsb.

  1. Bergaullah dengan orang-orang yang positif

Pergaulan sangat menentukan sikap, cara pandang dan cara berpikir kita. Jika sehari-hari kita bergaul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan menggunjing, maka kemungkinan besar kita akan ikut-ikutan menggunjing. Maka perbanyaklah bergaul dengan orang-orang yang menyikapi segala sesuatu secara positif, bergaullah dengan orang-orang yang sibuk, karena bergaul dengan orang-orang yang kurang kerjaan biasanya akan mengarah kepada hal-hal yang negatif.

  1. Gunakan selalu kata-kata positif

Menggunakan kata-kata positif akan memberikan pengaruh yang bertolak belakang dibanding dengan kata-kata negatif. Misal, ketika kita sedang naik sepeda motor tiba-tiba turun hujan yang lebat. Jika kita memilih kata-kata negatif seperti: "Sialan, baru aja berangkat udah kehujanan, jadi basah deh sepatuku,” maka sepanjang perjalanan hati kita tidak akan berhenti menggerutu dan mengeluh, yang tentu akan membuat kita cepat lelah, kesal, pusing, dsb. Namun jika kalimat positif yang kita pilih, misalnya: “Hmmm…aku suka sekali sama hujan deras, udara menjadi sejuk dan pepohonan di jalan terlihat hijau dan segar,” maka sepanjang perjalanan, hati kita akan merasa senang dan damai, yang tentunya akan memberikan pengaruh positif pada tubuh dan jiwa kita.

  1. Hilangkan pikiran-pikiran negatif, ganti dengan pikiran positif

Semasa kecil, ketika Anda ditinggal orangtua sendiri di rumah dan mereka tak kembali hingga malam hari, pernahkah Anda memikirkan kejadian-kejadian negatif menimpa mereka? Apa yang kemudian terjadi? Saking bersedihnya, Anda kemudian menangis tersedu-sedu, hati Anda sungguh pilu membayangkannya, hingga berjam-jam jiwa Anda dalam kondisi tertekan. Namun kemudian apa yang terjadi? Orangtua Anda kembali ke rumah, mereka terlambat pulang karena banyak hal yang diurus. Hingga kita dewasa pun, terkadang kita masih sering berpikir demikian. Pikiran-pikiran negatif akan menyiksa kita, dan membuat tubuh kita merasa lelah. Alangkah baiknya jika kita memilih memikirkan sesuatu yang positif dan membuat kita bertenaga, ketimbang kita melemahkan diri kita sendiri. Pikiran negatif memang akan muncul setiap saat, jika kita biarkan maka kita akan terlena, untuk itu kita harus selalu berusaha untuk menyingkirkan pikiran negatif tersebut dan menggantinya dengan pikiran positif.

 

Pentingnya Selalu Berpikir dan Berperilaku Positif

Kita telah sama-sama memahami bahwa dalam hidup, hendaknya kita selalu mengembangkan pikiran-pikiran yang bersifat positif serta meninggalkan pikiran-pikiran negatif.

Berpikir positif juga menyehatkan. Donald C. Cole, MD, peneliti senior pada Institute for Work and Health di Toronto, menyatakan bahwa berpikir positif dapat membantu kesembuhan seseorang, bahkan yang terkena penyakit kronis. Ini bukanlah omong kosong atau karangan belaka, melainkan hal itu memang memberikan perasaan memiliki kendali atas kesehatan tubuh dan masa depan kita. Orang-orang sukses dan bahagia secara terus-menerus menunjukkan sikap yang penuh pengharapan positif bagi diri mereka sendiri. Mereka berharap dapat mempelajari sesuatu yang bernilai dari setiap pengalaman mereka.

Banyak penelitian telah dilakukan, yang menunjukkan betapa pikiran dan perkataan baik positif maupun negatif itu memberikan dampak yang sangat berbeda. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Masaaru Emoto, beliau meneliti kristal-kristal air yang diucapkan kata-kata positif dan kata-kata negatif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kristal air yang diberikan kata-kata negatif (contoh: kamu bodoh, kamu jorok, aku jijik melihatmu, dsb) begitu dilihat pada mikroskop akan menampilkan penampakan yang sangat buruk, sementara kristal air yang diucapkan kata-kata positif (contoh: terimakasih, kamu baik sekali, aku sayang padamu, dsb) akan menampilkan penampakan yang sangat cantik dan begitu bersih. Hasil penelitian tersebut tentunya semakin menguatkan bahwa kita memang harus selalu berpikir dan berkata positif, terlebih tubuh manusia 70 persen terdiri dari air.

Banyak ungkapan dari orang-orang yang berhasil dalam hidupnya, dan setiap kali ditanya apa yang mendorong mereka untuk mampu melakukannya, jawaban mereka adalah “berpikir positif”. Berpikir positif akan membuat kita maju dan sukses. Dengan pikiran yang positif, kita dapat menjalani segala sesuatu tanpa terbebani oleh ribuan pikiran buruk. Kita juga terhindar dari perasaan takut gagal. Jalan di depan kita pun selalu terasa lapang.

 

Daftar referensi:

 

Elfiky, Ibrahim., Terapi Berpikir Positif, Penerbit Zaman, Jakarta, Cetakan XIV, 2014.

 

Aulia, Muhammad., Terapi Ampuh Bisa Selalu Berpikir Positif, Penerbit Flasbooks, Yogyakarta, 2013.

Kirim Komentar

Setiap komentar akan ditinjau dahulu.