kemenperin

Pemanfaatan Bisnis Online dalam Mendukung Pemasaran IKM

Pemanfaatan Bisnis Online dalam Mendukung Pemasaran IKM

Pengantar

Perkembangan internet saat ini semakin pesat dan semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Internet memudahkan orang ataupun organisasi untuk mendapatkan informasi tanpa batas dengan lebih cepat dan lebih efisien. Internet yang semakin banyak digunakan dan menjalar ke seluruh aspek kehidupan manusia telah merubah kehidupan manusia dan dimanfaatkan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia untuk memberikan nilai tambah bagi kehidupan mereka. Salah satu pemanfaatan nyata internet digunakan dalam bisnis pemasaran dan/atau perdagangan produk maupun jasa. IKM sendiri memiliki peran yang amat vital dalam mendukung perekonomian Indonesia, karena jumlahnya yang sangat besar mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang dan sifatnya yang lebih tahan terhadap guncangan krisis ekonomi.

 

IKM dan Bisnis Online

Ketatnya persaingan pasar dan banyaknya jumlah pelaku IKM yang belakangan ini semakin pesat perkembangannya di Indonesia, mendorong mereka untuk memutar otak dengan lebih keras dan mencari strategi baru untuk memenangkan persaingan yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, informasi dan jaringan internet untuk memperluas jangkauan pasarnya. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan internet menjadi salah satu akses bagi para pelaku IKM untuk mengembangkan usahanya. Mudahnya sistem pemasaran, terlebih setelah semakin murahnya pemasaran melalui internet dan luasnya jangkauan pasar online membuat para pelaku usaha menjadikan internet sebagai solusi tepat untuk menunjang perkembangan IKM khususnya di Indonesia. Kelemahan IKM yang biasanya berkutat tentang terbatasnya akses pemasaran, seharusnya dapat teratasi melalui penggunaan e-commerce dalam taraf yang paling sederhana sekalipun. Perdagangan secara eletronik menawarkan kepada UKM keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Perdagangan elektronik tidak hanya membuka pasar baru bagi produk dan/atau jasa yang ditawarkan, mencapai konsumen baru, tetapi juga dapat mempermudah cara UKM  melakukan bisnis. Disamping itu, perdagangan elektronik juga sangat bermanfaat bagi pelanggan/konsumen dan masyarakat umum. Secara umum, ada berbagai manfaat lain saat melakukan perdagangan elektronik. Menurut Sholekan (dalam Adiono), manfaat lain itu adalah sebagai berikut:

  • Memperpendek jarak karena dapat lebih mendekatkan diri dengan konsumen dimanapun.
  • Jangkauan pemasaran menjadi semakin luas dan tidak terbatas oleh area geografis.
  • Perluasan jaringan mitra bisnis.
  • Efisiensi dengan pemangkasan biaya operasional, terutama biaya promosi.
  • Pencarian informasi produk dan transaksi dapat dilakukan lebih cepat dan akurat.
  • Efektif, dapat memperoleh informasi dan bertransaksi dengan cara yang cepat dan murah.
  • Aman secara fisik karena konsumen tidak perlu mendatangi toko dan bertransaksi tunai.
  • Fleksibel, karena konsumen dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.

 

Saluran Bisnis Online

Beberapa jenis saluran yang dapat digunakan sebagai media bisnis online antara lain :

Website

Pemasaran produk melalui situs (website) dapat dilakukan IKM dengan membuat situs sendiri sesuai dengan kebutuhan. Saat ini banyak penyedia jasa layanan pembuatan situs yang menawarkan berbagai paket dengan berbagai variasi biaya, dengan menggunakan situs yang berbayar, IKM dapat menampilkan sejarah perusahaan, katalog/profil produk, spesifikasi dan harga, alamat kontak perusahaan, cara pembayaran sampai transaksi pembayaran secara online. Atau jika anggaran untuk membangun situs sendiri terbatas, dapat memanfaatkan blog yang sifatnya gratis seperti di multiply atau blogspot.

 

Jejaring Sosial

Jejaring sosial yang saat ini paling populer karena penggunaanya paling banyak khususnya di Indonesia adalah Facebook dan Twitter. Meskipun sama-sama gratis dan berbasis jejaring sosial, namun ada perbedaan gaya pemasaran diantara keduanya. Facebook memungkinkan kita untuk memasang gambar dan menge-tagnya kepada pemilik akun yang sudah menjadi teman kita, dari situ muncul komentar yang akan menanyakan seputar spesifikasi dan harga dari produk yang kita jual. Semakin banyak teman kita akan semakin banyak pula jaringan yang bisa kita bentuk. Sedikit berbeda dengan Facebook, jejaring sosial Twitter banyak menggunakan “tweet” (kicauan) dan “follower” (pengikut). Model “kicauan” seperti ini akan lebih cocok digunakan sebagai media promosi yang bersifat mempengaruhi atau mengajak (persuasif), apalagi orang tersebut merupakan figur terkenal. Misalnya saja ada seorang public figure yang baru saja menggunakan sepatu kulit buatan Bantul dan merasa cocok, orang tersebut akan mengunggah status di Twitter “kualitas sepatu kulit buatan Bantul ternyata luar biasa ‘n harganya bersaing”, hal ini akan langsung ramai ditanggapi oleh para followernya dan ini bisa menjadi strategi word-of-mouth yang ampuh.

 

Komunitas

Komunitas ini biasanya dibangun atas dasar kesamaan atau ketertarikan terhadap suatu bidang tertentu. Misalnya bagi perajin knalpot di Purbalingga dapat menawarkan produknya melalui situs modifikasi.com, situs ini menyediakan segala macam informasi mengenai otomotif khususnya para pecinta mobil. IKM juga dapat mengetahui tren terbaru yang sedang banyak digemari konsumen. Atau contoh komunitas lain yang paling terkenal misalnya kaskus.com, pada situs ini tersedia menu jual beli segala macam barang yang sudah dikelompokkan sesuai jenisnya. Calon konsumen juga bisa berinteraksi langsung dengan penjual baik melalui komentar di kaskus atau berhubungan melalui nomor HP atau pin BB yang bisa dicantumkan oleh penjual.

 

Situs jual beli

Situs jual beli saat ini menjadi sebuah tren baru yang bisa dimanfaatkan oleh IKM untuk menjual produknya. Sedikit berbeda dengan komunitas, situs ini hanya memajang penjualan aneka produk dikelompokkan menurut jenisnya masing-masing dan dikelompokkan berdasar provinsi dari lokasi si penjual untuk memudahkan pencarian calon pembeli. Beberapa situs jual beli yang saat ini sedang populer antara lain tokobagus.com, blibli.com dan berniaga.com. Bertransaksi di situs jual beli ini baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis.

 

Portal Bisnis

Portal bisnis ini sebenarnya hampir mirip dengan situs jual beli, namun biasanya dikelola dan diawasi secara langsung oleh sebuah lembaga atau instansi. Sebagai contoh misalnya Jogjaplaza yang merupakan portal web milik Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Portal Jogjaplaza.com berfungsi sebagai Mall Online atau Mall virtual yang anggotanya merupakan produk lokal dan pelaku UKM yang berdomisili di DIY, atau tempat usahanya berada di DIY. Jogjaplaza merupakan bagian dari program pengembangan pemasaran On-line produk-produk UKM DIY. Untuk mengikutinya tidak dipungut biaya, IKM hanya diharuskan mengisi formulir. Setelah pengisian formulir, pihak jogjaplaza akan melakukan verifikasi tempat untuk memastikan bahwa data yang diisi benar adanya, dan menjamin para peminat produk IKM dapat berbelanja dengan aman dan nyaman di Jogjaplaza.  

 

Faktor Kunci Sukses Bisnis Online

Seperti dikutip dari situs wikipedia, sebuah IKM yang terjun ke dalam dunia e-commerce  bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk kemampuan untuk :

  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti voucher, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

 

Kesimpulan

Kemudahan yang ditawarkan melalui berbagai saluran tersebut masih didukung pula oleh penyedia layanan pendukung seperti misalnya industri perbankan melalui kemudahan bertransaksi melalui ATM dan internet banking yang sudah menyediakan aplikasi yang terintegrasi dengan telepon seluler. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan berbagai pihak ini seharusnya dapat ditangkap sebagai peluang bagi IKM untuk dapat mengembangkan bisnis agar dapat memperoleh konsumen secara lebih cepat dengan biaya promosi yang relatif rendah. Pernyataan klasik sering dilontarkan oleh pengusaha IKM : “saya gaptek” , “saya nggak paham internet”, dsb seharusnya tidak lagi menjadi momok yang menakutkan karena prosesnya yang sangat mudah, hanya dengan membuat account yang berisi user ID, password dan alamat e-mail. Pengusaha IKM bisa memanfaatkan keluarganya (terutama anak) yang saat ini sudah dikenalkan komputer sejak bangku Sekolah Dasar dan pasti sudah lebih familiar dalam penggunaan internet, untuk bisa membantu orang tuanya dalam memasarkan produk melalui internet, entah melalui blog, jejaring sosial atau mengiklankan melalui situs jual beli.

 

Bacaan :

http://id.wikipedia.org/wiki/E-commerce">http://id.wikipedia.org/wiki/E-commerce

http://asm.ariyanti.ac.id/download/Karya Ilmiah/Nomor 8 Tahun IV/PERAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UKM Agung Adiono.docx">http://asm.ariyanti.ac.id/download/Karya Ilmiah/Nomor 8 Tahun IV/PERAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UKM Agung Adiono.docx.

Fasilitas komentar tidak disertakan.

Zona Integritas

Zona Integritas BDI Yogyakarta
© 2021 BDI Yogyakarta Kementerian Perindustrian