Berita – Penulis: Kunto Purwo Widagdo

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping (Oleh: Kunto Purwo Widagdo, Widyaiswara BDI Yogyakarta)    A. Pendahuluan Setiap manusia lahir dengan segala potensi yang dimiliki, termasuk potensi pikiran. Sering dalam pembelajaran yang dilaksanakan, widyaiswara belum mengoptimalkan potensi peserta diklat. Hal tersebut terlihat dari berbagai kesulitan pada pe...

Kolom Widyaiswara 👁️ 16,404
Teknik Merubah Pola Pikir Dengan Neuro Linguistic Programming (NLP)

Teknik Merubah Pola Pikir Dengan Neuro Linguistic Programming (NLP)

Teknik Merubah Pola Pikir Dengan Neuro Linguistic Programming (NLP) Kunto Purwo Widagdo (Widyaiswara BDI Yogyakarta)   A. Pengertian NLP Teknik atau pendekatan untuk merubah pola pikir ada bermacam-macam, seperti : Metode NLP = Neuro Linguistic Programming; Kontemplasi = Perenungan = Muhasabah = ESQ Technique; Membangun Konsep Diri (Self Concept); Pemetaan Pikiran = Mind Mapping; Pengetahuan...

Kolom Widyaiswara 👁️ 130,522
Implementasi Hypnosis Teaching Pada Pendidikan dan Pelatihan

Implementasi Hypnosis Teaching Pada Pendidikan dan Pelatihan

Implementasi Hypnosis Teaching Pada Pendidikan dan Pelatihan Oleh: Kunto Purwo Widagdo (Widyaiswara BDI Yogyakarta)   A. PENDAHULUAN         Dalam sebuah proses pembelajaran, pengajar memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik agar bisa dipahami dan dimengerti oleh peserta didik tersebut. Tujuan  pembelajaran itu sendiri adalah  seseorang yang belajar ma...

Kolom Widyaiswara 👁️ 4,800
IKM di Indonesia: Permasalahan dan Strategi Pengembangannya

IKM di Indonesia: Permasalahan dan Strategi Pengembangannya

IKM di Indonesia: Permasalahan, dan Strategi Pengembangannya Oleh: Kunto Purwo Widagdo (Widyaiswara BDI Yogyakarta)   A. PENDAHULUAN         Pengertian tentang Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Indonesia tenyata sangat bervariasi. Paling tidak ada tiga lembaga yang menggunakan kriteria berbeda, antara lain Biro Pusat Statistik (BPS), Kementerian Perindustrian, dan...

Kolom Widyaiswara 👁️ 27,024
Membangun Suasana Belajar Yang Kondusif

Membangun Suasana Belajar Yang Kondusif

Membangun Suasana Belajar Yang Kondusif Kunto Purwo Widagdo (Widyaiswara BDI Yogyakarta )   Secara eksplisit dinyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas antara adalah kompetensi fasilitator, metode pembelajaran yang dipakai, kurikulum, sarana dan prasarana, serta lingkungan fisik dan sosial (Depdikbud, 2005). Berbagai upaya telah dilakukan...

Kolom Widyaiswara 👁️ 7,206
Kompetensi Widyaiswara Yang Efektif

Kompetensi Widyaiswara Yang Efektif

Kompetensi Widyaiswara Yang Efektif Kunto Purwo Widagdo (Widyaiswara BDI Yogyakarta)   A. Kompetensi Widyaiswara yang efektif Menurut PERMENPAN nomor 14 tahun 2009, Standar Kompetensi Widyaiswara adalah kemampuan minimal yang secara umum dimiliki oleh Widyaiswara dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya untuk mendidik, mengajar, dan/atau melatih PNS, yang terdiri atas kompeten...

Kolom Widyaiswara 👁️ 12,138